Breaking News
Loading...
Rabu, 09 Agustus 2017

Liputan Berjamaah Kegiatan IPNU - IPPNU Trenggalek (Juni - Juli 2017) Bagian 2

Bersama Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Durenan | Foto by Munir
3. Halal Bi Halal PC IPNU-IPPNU Trenggalek

Salah satu ciri khas idul fitri di Indonesia adalah tradisi anjang sana ke sanak saudara yang biasa dijuluki dengan istilah “halal bi halal”, IPNU-IPPNU Trenggalek sebagai ujung tombak dalam kaderisasi NU ikut serta melestarikan tradisi yang sarat dengan nilai ketuhanan dan sosial. Sebagaimana dikutip NU Online, KH Muhammad Shofi Al Mubarok, Pengasuh PP Sirojuth Tholibin Brabo Gobogan Jawa Tengah menjelaskan, Halal bi halal tidak hanya terkhusus urusan maaf memaafkan. Melainkan saling menghalalkan. Artinya, benar-benar memaafkan baik secara lahiriah maupun batiniah.

Kamis, 29 Juni 2017, PC IPNU-IPPNU Trenggalek melanjutkan rangkaian agenda hari raya dengan halal bi halal ke ndalem tokoh-tokoh NU dan alumni IPNU-IPPNU . Sesuai dengan kesepakatan antar pengurus, rute halal bi halal dimulai dari titik kumpul di Gedung NU Trenggalek, dilanjutkan ke Pendopo Kabupaten - Ngares - Tugu - Pule - Suruh - Karangan - Gandusari - Pogalan.
Bersama Mbah Zabidi, Ketua Pertama IPNU Trenggalek
Pukul 09.00 WIB Rombongan rekan-rekanita PC bertolak dari gedung NU menuju ndalem tokoh-tokoh NU sesuai dengan rute yang telah disepakati. Adapun yang menjadi tujuan (berurutan sesuai rute) diantaranya silaturahim dengan Bupati Trenggalek, Romo Kyai Rusdi Ngares, Romo Kyai Mubin Tugu, Romo Kyai Maksum Pule (Rais Syuriah PCNU Trenggalek), Pak Fatkur Rohman (Satkorcab Banser) dan Bu Muki Suruh, Romo Kyai Mas’ud dan Gus Ali Karangan, Mbah Zabidi Gandusari (Ketua pertama IPNU Trenggalek), dan  sebagai penutup rombongan PC IPNU-IPPNU Trenggalek sowan ke ndalem Gus Loh Pogalan (Ketua Tanfidziyah PCNU Trenggalek). Halal bi Halal ini berakhir pada pukul 17.00 WIB.

4. KONFERANCAB XV IPNU-IPPNU Durenan

PAC IPNU-IPPNU Durenan melaksanakan regenerasi kepengurusan melalui mekanisme Konferensi Anak Cabang (KONFERANCAB) ke XV pada hari Sabtu, 08 Juli 2017 yang berlokasi di Aula SMP Islam Durenan.
Suasana Konferancab Durenan
Selama kepengurusan periode 2015-2017, PAC Durenan sempat melakukan pergantian posisi ketua yang sebelumnya dijabat oleh Rekan Izza kemudian dimandatkan kepada Rekan Ilham—karena terpilihnya Rekan Izza dalam Konfercab IPNU-IPPNU Trenggalek pada bulan Januari 2017.

Pada agenda KONFERANCAB ini, setelah melalui tahap pencalonan dan pemilihan—terpilih Rekan Fahrur Rozikin sebagai Ketua PAC IPNU Durenan dan Rekanita Siti Maimunatul Munawaroh sebagai Ketua PAC IPPNU Durenan.

5. Pelantikan dan MAKESTA PAC IPNU-IPPNU Dongko

Sebuah gebrakan akan kebangkitan kembali nama besar IPNU-IPPNU telah digalakkan oleh pelajar-pelajar NU di Kecamatan Dongko—setelah beberapa periode sebelumnya mengalami stagnasi kaderisasi sebagai bagian dari efek mandegnya tongkat estafet kepengurusan di Kecamatan Dongko. Berkat semangat dan komitmen pelajar-pelajar NU Dongko dalam menghidupkan kembali geliat IPNU-IPPNU di kecamatan yang berjarak 12 KM dari pusat pemerintahan Kabupaten Trenggalek ini, akhirnya PAC IPNU-IPPNU Dongko secara resmi dilantik oleh PC IPNU-IPPNU Trenggalek dan sekaligus menyelenggarakan pengkaderan formal Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) perdana kepengurusan di masa khidmat 2017-2019.
Pembacaan Surat Pengesahan PAC IPNU-IPPNU Dongko oleh Rekan Mahfudi
Pelantikan PAC IPNU-IPPNU Dongko dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Juli 2017 yang berlokasi di Pondok Pesantren Darussalam Dongko. Rekan Mujahidin Selaku Wakil Ketua 3 PC IPNU Trenggalek menyampaikan harapan besar kepada pengurus PAC Dongko yang dilantik agar istikomah dalam mengawal misi kaderisasi pelajar-pelajar NU di Kecamatan Dongko. Selepas pembukaan, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) selama 2 hari sampai tanggal 16 Juli 2017.

Semoga rekan-rekanita PAC IPNU-IPPNU Dongko senantiasa diberikan kekuatan dalam menjalankan roda organisasi—sebagai bagian dari ikhtiar maksimal untuk ikut berkontribusi  kepada NU dan bangsa Indonesia.

6. Pelantikan PAC IPNU-IPPNU Suruh

Semangat berorganisasi juga sedang ditunjukkan oleh rekan-rekanita pelajar NU yang ada di Kecamatan Suruh. Di hari yang sama, Sabtu 15 Juli 2017, PAC Suruh menyelenggarakan pelantikan pada pukul 19.00 WIB. Untuk lebih memeriahkan acara pelantikan ini, PAC suruh mengadakan sholawatan sehingga pelantikan lebih semarak dengan disaksikan oleh Masyarakat Kecamatan Suruh.
Rekan Izza (Ketua PC IPNU Trenggalek) melantik Pengurus PAC IPNU Suruh MK 2017-2019
Agenda pelantikan ini diawali dengan penampilan group-group sholawat lokal Suruh. Pukul 22.00 WIB proses pelantikan dilangsungkan. Nampak pengurus PAC IPNU-IPPNU Suruh dengan penuh kepercayaan diri berdiri di atas panggung menyatakan baiat kesiapan berkhidmat untuk organisasi, NU dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rekan Badrus (Wakil Sekretaris 1 PC IPNU Trenggalek) dalam sambutannya menaruh harapan besar kepada pengurus PAC IPNU-IPPNU Suruh—di tengah tantangan era kemajuan teknologi—kader-kader NU harus mampu menganalisis setiap arus informasi yang masuk agar tidak terjerumus kepada paham yang bertentangan dengan ajaran Aswaja dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar

 
Toggle Footer