Buku Pedoman Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Berkarakter

IPNU Trenggalek - Pembinaan pelajar yang tepat sasaran serta tetap mengedepankan nilai-nilai etika dan estetika, merupakan landasan wajib bagi siapapun pihak yang “mengaku” bertanggung jawab atas perkembangan dan perubahan kedewasaan para peserta didik.

Pendidikan yang secara lazim diartikan sebagai upaya perubahan tingkah laku (changes in behaviour) merupakan titik kulminasi yang harus dicapai oleh pemangku pendidikan dalam menjalankan proses pembelajaran.

Ajang orientasi peserta didik, merupakan step awal yang harus dilalui oleh calon pelajar disalah satu jenjang pendidik tertentu ke jenjang pendidikan selanjutnya. Sehingga, perkenalan (ta’aruf) siswa seperti ini harus di ikhtiari sebagai “moment suci” yang diharapkan mampu memberikan semacam jembatan penghubung (bridges) dari lembah pendidikan sebelumnya menuju pulau pendidikan selanjutnya. Wal hasil, dalam rangka pembangunan “jembatan” ini, harus benar-benar dikonsepsikan secara elegan dan baik, guna mencetak para pelajar-pejalar yang berkarakter luhur sekaligus tetap memegang teguh prinsip-prinsip keagamaan yang moderat dan toleran.

Kehadiran buku Pedoman Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) yang disusun oleh Pimpinan Wilayah Ikatan pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU Jawa Timur) ini seakan menjadi “vitamin” ditengah kelesuhan pelajar yang dewasa ini mengalami degradasi karakter kebangsaan. Penulisan buku ini, secara lebih tegas merupakan komitmen yang kuat PW IPNU Jawa Timur dalam rangka mengawal pelajar agar tetap memegang teguh nilai-nilai religiusitas sekaligus mengajak untuk bersama-sama membangun semangat Nasionalisme. Sebuah buku yang disusun secara sistematis, mudah difahami dan kaya akan aksi. Selamat membaca!

Note:
Buku dapat di pesan di kantor PW IPNU JAWA TIMUR Telp. 031-92040456 atau Hub. Rekan Farih (Koord MOPD Berkarakter Jawa Timur) 085755556713-081235555890- sekaligus dapat langsung mengundang untuk Sosialisasi/Bedah Buku atau Training Of Trainer dengan ketentuan tertentu.

Sumber: ipnujatim.or.id