MENGAPA LEMBAGA PERS JEMARI DIBENTUK ?




Pimpinan cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Trenggalek akan segera melaunching lembaga pers yang bernama  JEMARI (jurnalis muda mandiri dan kretaif). Meskipun belum dilaunching lembaga ini sudah diberikan kewenangan untuk mengelola web, membuat perubahan perubahan di web tersebut. Sehingga ketika  dilaunching  web sudah bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan semua banom NU.
Tujuan dibentuk lembaga pers Jemari ( Jurnalis Muda madiri dan Kratif). Adalah untuk menyalurkan bakat yang mempunyai hobi  tulis menulis, puisi atau sastra atau petualangan intelektual dengan kajian kajian ilmiah. Saya berharap dengan adanya Jemari ini suatu saat akan lahir penulis penulis dari rahim PC IPNU Trenggalek.
ketika saya menerima amanah untuk mengelola Blog, saya melihat template, dan tampilan sudah bagus dan tidak perlu dirubah. Namun saya melihat ada sebuah ganjalan kecil dihati jika dilihat dari  tujuan awal dari dibentuknya Komunitas ini. Bagaimana bisa menulis kalau tidak diberi wadah? Kalau yang bisa upload Cuma satu (admin) tentunya tugasnya semakin berat untuk mengelola sekian tema tema yang ada. Apalagi kalau harus menjawab satu persatu komentar dari pembaca.  Kalau yang menulis dan ada tanggapan atau interaktif tentanuya akan lebih bagus.
Akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat perubahan kecil dengan membuka peluang bagi siapa saja yang berkompeten untuk menyumbangkan buah pikirannya di  web PC IPNU Trenggalek. Sehingga penulis tidak bertumpu pada Admin saja namun ada tema tema kecil yang akan di kelola oleh penulis. Misalkan ada yang hobi menulis sastra maka dia akan mengelola komunitas sastra, ada yang suka dengan kajian kajian keagamaan maka di akan mengelola kajian keagamaan. Bahkan semalam ada guyonan jika ada yang hobi memasak bisa menulis resep masakan. He he he.
Jika hal ini terjadi bisa saya bayangkan alangkah ramainya dan asyiknya membaca blog IPNU trenggalek. Membaca blog berjam jam pun betah. Tentunya web ini akan dicintai oleh pembaca.

Penulis
Muchojin puji santoso
(Ketua Lembaga Pers dan Jurnalistik PC IPNU Trenggalek)