Breaking News
Loading...
Senin, 11 Januari 2021

Secercah Harapan LAKUT 2021, Kaderisasi Harga Pas!

Foto sambutan Ketua PC IPNU Trenggalek pada Pembukaan LAKUT 2021




Trenggalek - Pengkaderan dalam sebuah organisasi adalah sebuah keniscayaan. Mau tidak mau harus adanya perubahan, seperti halnya Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Trenggalek.

Latihan Kader Utama (LAKUT) telah usai di MI Al Ahsan Wonocoyo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek kemarin, telah menyisakan banyak kenangan serta kesan yang mendalam, Minggu (10/01/2021).

Ketua PC IPNU Kabupaten Trenggalek, Rekan Mochamad Saifulloh menjelaskan bahwa IPNU di Trenggalek hari ini bisa dikatakan sebuah organisasi terbesar di Bumi Menak Sopal.

"Terbukti dengan adanya 14 Pimpinan Anak Cabang (PAC), 111 Ranting dan 19 Komisariat. Bertahan mengoorganisir IPNU Trenggalek membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan benar-benar serius merawatnya," terang Rekan Saifulloh.

Bukan hanya sekadar untuk menjalankan sebuah progam kerja (proker) Ketua PC IPNU menegaskan ini adalah sebagai jenjang mempersiapkan kader jadi.

"LAKUT ini bertujuan untuk mempersiapkan SDM pada kepengurusan mendatang, guna merawat dan mengembangkan seluruh tingkatan kepengurusan dibawah PC IPNU Trenggalek," tutur Ketua Cabang yang akan habis masa khidmat 2021 ini.

Kader yang dibutuhkan Trenggalek saat ini adalah yang Konseptual dan Responsif. Konseptual yang dimaksud adalah kader yang memiliki konsep. Setiap keputusan, kegiatan, program kerja, dsb tidak lagi hasil dari meraba-raba atau malah warisan.

"Konsep ini berawal dari analisis keadaan pelajar, kebutuhan pelajar, dan IPNU hadir dalam setiap kendala pelajar sebagai solusi. Sedangkan Responsif yang kami maksud disini adalah peka terhadap setiap perubahan. Kader yang tanggap, bukan gagap," papar Ketua PC IPNU Trenggalek.

Tentu ini menjadi ikhtiyar terakhir kepengurusan periode 2019-2021, guna mempersiapkan personalia pengurus periode berikutnya. 

"Melihat hasil Lakut kemarin, kami optimis kepengurusan PC IPNU Trenggalek selanjutnya dan kedepan akan menjadi organisasi pelajar profesional dan terbaik dalam membina watak nusa dan bangsa, serta menjadi wadah yang tepat untuk seluruh pelajar khususnya di Kabupaten Trenggalek," ungkap Kang Ipul sapaan akrabnya.

Selanjutnya, dari 17 kader utama ini kami berharap mereka mampu berkolaborasi sesuai bidangnya masing-masing, membina, menfasilitasi, bahkan mengembangkan anggota dan kader se-Kabupaten Trenggalek, tentunya dibawah kibaran panji IPNU.

Turut menjadi pemateri dalam acara Lakut di antaranya : Dr. Ngainun Naim (Dosen IAIN Tulungagung), Dr M. Muntahibun Nafis (Dosen IAIN Tulungagung), Amin Tohari, S.Ag., MH.(Anggota DPRD Kab. Trenggalek dan Pembina PC IPNU Trenggalek), Rekan Khoyrul Anwar (PP IPNU), Rekan Haikal Atiq Zamzami (Demisioner Ketua PW IPNU Jawa Timur), Rekan Dr. Winarto Eka Wahyudi (Penulis Muda NU dan Alumni PP IPNU), Rekan Muhammad Nurul 'Izza, M.Pd (Demisioner PC IPNU Trenggalek) dan seterusnya.


Pewarta : Madchan Jazuli

Editor : Bai

 
Toggle Footer